My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Rabu, 08 November 2017

    Ini dia Jajanan yang Diborong pada Pernikahannya Kahiyang Ayu Putri Jokowi dan Satu-satunya yang ada di Solo

    Mybiosfer.info,Sukoharjo-Rabu, 8 November 2017, di daerah Laweyan, Sondakan dan sekitarnya macet, ada apa ya? tidak biasanya truk-truk melewati jalur Laweyan yang satu arah tersebut,, ternyata orang no 1 di Indonesia yaitu Presiden Jokowi sedang mantu.


    Jajanan Traditional Solo-dok.MB

     Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di kota Solo tentu saja membuat kota Solo menjadi ramai dikunjungi para tamu undangan seperti disinyalir detik.com bahwa Presiden Jokowi mengundang 8000 tamu undangan, dan 4000 diantaranya adalah para relawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.



    Saat tim mybiosfer "berburu" tempat sejarah kota Solo, dan kami mampir sebuah toko kecil di daerah Sondakan, toko dengan ukuran kurang lebih  2x3 meter saja, berjejer dua etalase, ada dua wanita yang sedang memasak sesuatu. Dan di depan etalase tertulis "LEDRE HABIS", aaargh...kecewanya kami karena tidak bisa mencicipnya. Tapi kami pun tetap menuju ke toko tersebut. Kami minta ijin untuk melihat proses memasak ledre.

    Sungguh dulu mengira ledre itu egg roll (kue semprong), ternyata bukan. Toko tersebut bernama Ledre Laweyan, tepatnya berada di Sondakan, Laweyan, Solo merupakan salah satu jajanan traditional Solo. Ledre dahulunya adalah jajanan yang hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan. Ledre yang terdiri dari empat kombinasi bahan baku, yaitu beras ketan, kelapa muda, gula dan pisang. Bentuk ledre mirip seperti kerak telor. Tapi saat ini ledre sangat susah dijumpai, mungkin di pasar-pasar masih ada tapi sudah langka dan hanya ada satu di Sondakan, Laweyan Solo yang kita masih bisa melihat proses pembuatan ledre.

    Cara Pembuatan Ledre 1

    Cara Pembuatan Ledre 2

    Cara Pembuatan Ledre 3

    Ledre Laweyan yang mulai dirintis tahun 1984 merupakan satu-satunya toko ledre di kota Solo, dan saat kami datangi, sudah habis, ternyata Ledre Laweyan diborong oleh Presiden Jokowi untuk pernikahan putri beliau Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, seperti yang disampaikan oleh putri  dari pemilik Ledre Laweyan.

    Karena Ledre merupakan salah satu jajanan traditional khas Solo yang membuatnya juga masih traditional, tentu saja Presiden Jokowi ingin memperkenalkan kuliner Solo kepada para tamu undangan yang berasal dari berbagai daerah Indonesia.

    So, biosread, jika ke kota Solo jangan lupa untuk mencicipi jajanan traditional khas Solo, Ledre.

    14 komentar:

    1. belum pernah nyoab jd penasaran , kapan aku ke solo ya

      BalasHapus
    2. Di pasar gede masih banyak Mak. Eh tapi yg khusus open khitcen kayak ini ya cuma di Sondakan.

      BalasHapus
    3. Wah penasaran nih sama rasanya. Beras ketan bertemu pisang bagaimana yaa sensasinya 😊

      BalasHapus
    4. Aku pernah nyobain, mbahku wong solo soale xixiiix
      Jadi kangen kulineran aah

      BalasHapus
    5. Aghhhh ini kenapa mama mertuaku yg org solo ga prnh nyebut2 ledre tiap aku ke solo yaaa.. Aku dikenalin ama brambang asam, cabuk rambak dan yg tradisional lain, tp ga prnh disebut ledre -_- ..

      Kalo mudik lg ke solo aku cari deh mba :D

      BalasHapus
    6. Wiiih kayanya enak nih, soalnya i'm a big fan of banana. Hehe apapun yang dipakein pisang juga kayanya aku bakal doyan 😍

      BalasHapus
    7. Waou jadi penasan... gimana rasanya ya... pasti enak...

      BalasHapus
    8. Ih unik banget, minggu depan maubke semarang, jd pingin skalian solo deh. Haha

      BalasHapus
    9. Aku orang jogja, bbrp kali ke solo, tp bekum pernah makan ledre, hahahah. Kayaknya enak yaa mba. Aku jg pecinta makanan2 tradisional kayak gini nih

      BalasHapus
    10. Belum pernah nyoba jadi penasaran ingin nyicio

      BalasHapus
    11. Belum pernah nyoba Ledre Laweyan jadi penasaran, ad yg bs d delivery gak ya? :D #pembelijamannow

      BalasHapus
    12. Waktu ke solo belum pernah nyobain ini. Kapan kapan harus coba nih. Lagi nge hits gara gara nikahan anak Jokowi hehehe

      BalasHapus
    13. Idem kupikir kue semprong yang gak dibentuk semprong. Wah kapan ya bisa ke Solo. Keren Jokowi sekaligus memperkenalkan makanan tradisional Solo ya :D
      TFS

      BalasHapus
    14. Jadi penasaran dengan rasanya :)

      BalasHapus

    Kesehatan

    Travelling