My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Senin, 30 Oktober 2017

    Cara Membuat Keju Mozzarella Mudah dan Simpel

    Mybiosfer.info-Membuat keju Mozzarella ternyata gampang banget, tidak ribet dan belibet seperti dalam banyangan.

    Keju sebenarnya berasal dari Baghdad, Syria sekitar 6000 tahun yang lalu, bukan dari Italia yang kita kenal pizza dengan lelehan mozzarellanya. Keju baru dikenal Eropa melalui Turki sekitar abad ke-17

    Mozzarella yang asli itu warnanya putih seperti tahu, dijual dalam rendaman whey seperti tahu di pasar. Mozzarella kualitas terbaik hanya bertahan empat hari saja disuhu ruangan, dan tujuh hari disuhu kulkas. Jika lebih dari itu sudah mulai mengeras dan sudah jadi Mozzarella tua. Di Italia, keju Mozzarella tua yang udah kuning dan bisa diparut nggak ada yang mau makan.

    Saat Workshop membuat keju bersama Miss Ines kami pun praktek membuatnya. 

    Yuk kita praktek membuat keju mozzarella yang mudah dan simpel

    Bahan :
    • Susu sapi segar
    • Rennin halal nabati
    • Citric acid
    • air mineral
    • garam 
    Peralatan :
    • Panci
    • baskom plastik
    • sendok
    • termometer
    • kompor 
    • saringan

    Cara buat :
    memasukkan citric

    pencampuran dengan renin sehingga terjadi penggumpalan atau telah menjadi curd

    curd siap disaring

    curd disaring

    curd disetrika dengan sendok

    mozzarella elastis

    mozzarella siap difermentasikan
    • Pasteurisasi susu dengan suhu 65 derajat selama 3 menit. Apa itu pasteurisasi? susu direbus sampai dengan suhu 65 derajat dan dipertahankan selama tiga menit dan untuk melihat suhu dengan menggunakan termometer air.
    • Dinginkan susu sampai kira-kira suhu 30 derajat tidak panas dan tidak dingin atau sesuai suhu ruang
    • Masukkan citric sebanyak setengah sendok teh untuk 1 liter susu yang sebelumnya diencerkan dengan air mineral
    • Tunggu lima menit, kemudian masukkan renin halal nabati sebanyak seujung kuku, yang diencerkan dahulu dengan air mineral, aduk secukupnya agar merata
    • Tunggu sampai terjadi penggumpalan curd sampai bisa seperti dibelah/dipotong-potong
    • Setelah curd bisa seperti dipotong-potong, kemudian saring curd tersebut dan masukkan baskom plastik.
    • Didihkan air mineral sampai 100 derajat, kemudian tuang air mendidih tersebut ke dalam curd yang di baskom, dan segera setrika curd dengan sendok agar curd menjadi kalis dan elastis.
    • Mozzarela sudah jadi, selanjutnya difermentasikan dengan merendamnya dengan air garam.
    • Selamat mencoba
      Mudah kan ya membuatnya. Terima kasih Miss Ines sharing ilmunya kepada kami.

      12 komentar:

      1. Thanks for sharing mbak..duuh jadi buru-buru pengen nyobain

        BalasHapus
      2. Mudah juga ya... Jadi penasaran kalau ada susu sapi segar mau coba coba ah...

        BalasHapus
        Balasan
        1. iya mbaak mudah bangeeet pokoknya...#ngomporrr hehe

          Hapus
      3. Wooww gitu ya bikinnya, manggut..manggut
        biasanya tinggal makan aja

        Makasih sharingnya yaa, boleh juga niy kapan2 di rumah dicobain,soalnya anakku paling demen sama mozarella

        BalasHapus
        Balasan
        1. wah pasting seneng nih kalau yg bikin Mamanya

          Hapus
      4. Kayaknya aku milih beli yang siap santap aja deh hehehehe

        BalasHapus
      5. Citrun sama citric itu sama atau nggak?mau donk mozerellamya

        BalasHapus
        Balasan
        1. sama mbak...coba praktek mbaak

          Hapus
      6. Lho, ternyata gampang ya bikin mozarella (kelihatannya), coba dulu aah... Makasih sharingnya mbak

        BalasHapus
      7. Wah keren belajar dari mbak Ines langsung. Aku pengen jg tapi blm ada kesempatan :(
        TFS resepnya ya mbak :D

        BalasHapus

      Kesehatan

      Travelling