My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Sabtu, 26 Agustus 2017

    Review Buku Cabe Puyang Warisan Nenek Moyang 2

    Cabe Puyang

    Saya memang suka dengan hal yang berbau jamu-jamuan, ingin sekali mempunyai koleksi buku jamu-jamuan. Saat itu ada buku yang sering sebagai salah satu sumber ketika ada perbincangan tentang tanaman herba karena saat ini yang sedang hit herba ya daripada jamu-jamuan...:).

    Nah buku tersebut salah satunya buku Cabe Puyang, saya sangat pengen punya. Saya pun mulai googling dsb, hanya saja saya tidak baca resensinya dulu. Karena dalam ekspektasi saya, buku ini seperti buku shinse yang saya koleksi terlebih dahulu. Yang nantinya berisi tanaman-tanaman berkhasiat/hewan dengan segala sifat, khasiat, dosis dan kontraindikasinya. 

    Ternyata buku ini lebih dari yang saya inginkn. Buku ini seharusnya ada 3jilid, hanya saja saya baru punya jilid 2. Hikz..penasaran jilid 1 dan 3 nya.

    Buku Cabe Puyang jilid 2 ini berisi berbagai macam penyakit dan pengobatannya dengan ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan sangat lengkap menurut saya. Buku ini selain nama penyakitnya juga dijelaskan sebab penyakitnya, gejala/tanda-tandanya, perawatan dan pengobatanya.

    Ayan
    Perawatan yang perlu dilakukan :
    a. Bila serangan datang.
    1. Longgarkan pakaian yang melekat pada badan, terutama leher bajunya
    2. Bukakan mulutnya dan masukkanlah sapu tangan/kain bersih yabg telah digulung ke abtara kedua belah giginya, guna menjaga supaya lidahnya tidak tergigit! ( hal.15 )

    Bidur
    Penyakit bidur/gelagata/urticaria nama asingnya.
    Anak-anak sering terseranf penyakit bidur pada masa gigi mereka mulai tumbuh atau kalay mereka menderita cacing (hal.40)

    Trachoma
    Pengobatan dapat dilakukan dengan bahan ratah yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
    Tumbuhan telang, mengambil daunnya 50lb, bungan 30kt, dicuci lalu direbus dengan air bersih 2glm sehingga hanya tinggal 3/4 nya; sesudah dingin disaring, airnya untuk mrrambang mata yang sakit (3-6 x shr sebanyak yang diperlukan).(hal.313).

    Di dalam buku ini resep ramuan tumbuh-tumbuhannya tidak hanya 1 saja tapi banyak sekali.
    Bahan tanaman yabg digunakan terkadang antara daerah satu dengan yang lainnya berbeda, maka di akhir buku ini dilengkapi kamus tanamannya dari bahasa latin sampai bahasa daerahnya.

    Buku ini juga dilengkapi arti dari singkatan dari resep dan dosis yang dipakai.
    Terkadang buku ini bahasanya yang cukup agak sedikit mengernyitkan dahi karena bahasanya entah bahasa Indonesia lama atau bahasa Melayu. Karena buku ini terbitan tahun 1987.

    Buku yang tentu saja sangat menyenangkan bagi para pecinta koleksi buku jamu Indonesia.
    ------


    Judul buku : Cabe Puyang Warisan Nenek Moyang 2

    Dihimpun dan disusun oleh Sudarman Mardisiswojo dan Harsono Radjak Mangunsudarsono

    Cetakan 1 , Jakarta

    Balai Pustaka, 1987

    756hal

    ISBN 979-407-084-X

    Idr.75K (pembelian 2017)



    Baca juga Suruh Mini 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Kesehatan

    Travelling