My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Kamis, 25 Mei 2017

    Suruh Mini / Suruhan / Ketumpangan


    suruhan sirih mini suruh mini
    ilustrasi-suruh mini/siri mini/suruhan

    mybiosfer.info-Sirih Mini, Suruhan, (Peperomia pellucida, (L) Kunth), Reh serehan (madura) Katumpangan (Sumatera), Ayer (melayu), Saladaan (Sunda ), gofu Goroho : Ternate/ maluku.

    Suruh mini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini banyak ditemui di negara-negara Asia dan Amerika Selatan, tumbuh berkelompok, liar, pada kondisi tanah lembab.

    Suruh mini biasanya tumbuh hingga ketinggian sekitar 15 sampai 45 cm dan ditandai oleh batang sukulen, mengkilap, daun berbentuk hati, berdaging dan kecil. Tumbuhan suruhan lebih banyak tumbuh liar saja dan bukan tanaman hias atau dibudidaya

    Suruh mini  tumbuh tegak dan akar yang berbentuk serabut halus ini  memiliki batang setinggi 20-30 cm, berair, bercabang bulat, tebal dan berwarna hijau keputih-putihan.

    Suruh mini memiliki bunga tersusun rapi dalam rangkain berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm warnanya hijau terdapat diujung tangkai dan ketiak daun, berbuah pula bentuk bulat, ujungnya runcing dan sangat kecil.

    Bunga tanaman ini berbentuk bujur dan berwarna hijau ketika muda dan akan kecoklatan pada saat matang dan akan menghasilkan minyak sari jika dimasak.

    Tanaman ini tumbuh liar di pekarangan, areal persawahan, dan terkadang pada dinding yang lembab. Suruhan yang dianggap rumput oleh kebanyak orang

    Suruhan mengandung zat kimia seperti alkaliod, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri.

    Tanaman ini bersifat sejuk dan pedas, dengan aroma mirip sirih

    Khasiat : Sebagai antiradang (antiinflamasi) dan meredakan sakit (analgetik). Tanaman suruhan mempunyai banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit ginjal, sakit kepala saat demam, sakit perut, luka bakar, bisul, jerawat, abses, radang kulit.


    Peruntukan indikasi : bisul, jerawat, kudis, kutil, luka bakar, memar, rematik gout/ sendi, asam urat/ nyeri sendi, asam urat, sakit ginjal, pusing / vertigo, katarak dan sakit perut/ mules2.

    Pergunakan sesuai keinginan : lalapan, direbus, diuleg untuk boreh, uleg dan peras lalu diminum / teteskan pada mata yang radang.

    Silahkan lakukan tanpa ada patokan kontra indikasi.


    Cara Budidaya : 

    cara memanen Sirih mini yang baik adalah menunggu agar mereka. berbunga dan berbuah. Biarkan agar buahnya rontok sebagai pasokan bibit baru di lahan itu. Pasang pagar penghalang agar tak terusik keberadaan sirih mini itu. Pegang batangnya.. dan potomg horisontal dengan gunting tipis dan tajam. sisakan akar dan batang terbawahnya. Segera tutup bekas tanaman terpotong dengan abu gosok dan kompos /humus subur.  Pemupukan dengan cara menyemprotkan larutan ringan (tidak terlalu pekat) dari Pupuk starter yang sudah di encerkan dengan air 1 : 40  Starter : gula pasir 1 ons + vit B complex 20 butir + 1 ons vetsin / MSG + air. 2 liter.

    Aduk rata dan masukkan ke dalam 2 botol air mineral yang sdudah di lubangi dengan jarum pada tutupnya. simpan di tempat jauh dari matahari. Fermentasikan selama 1 minggu. Baunya sangat aneh... namun percayalah...(sudah di buktikan sendiri oleh Pak Herry Prasetyono.) daun tanaman akan mengkilap dan sangat subur. Silahkan di coba. (fb.P.Herry Prasetyono)

    Saudara - saudari kita di tanah Pasundan mengunakannya sebagai lalapan
    Resep Lalapan suruh mini/suruhan :

    Segenggam daun kemangi
    Cabe
    garam
    sedikit gula

    Cara : semua diuleg halus... pindahkan ke mangkok dan tambahkan cuka makan yang sudah diencerkan konsentrasinya. cruutt!!...daaan cocollah sirih mini / suruhan ini.... alamaaaakkk enaknyaaa..Masya Allah


    Suruh mini/suruhan yang mungkin selama ini hanya tanaman liar ternyata kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

    2 komentar:

    1. gyaaa..aku baru tahu lho mbak ada suruh mini...suer baru tahu habis baca blog ini

      BalasHapus
    2. INi tuh suruh mini, aku kira sirih. Apakah sama

      BalasHapus

    Kesehatan

    Travelling