My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Jumat, 21 April 2017

    Wow, Inilah 7 Jenis Jembatan !


    pixabay.com

    Mybiosfer.info-Adakah yang ingin bercita-cita membangun jembatan? Atau pernah bercita-cita membangun jembatan? Atau ada yang sudah pernah membuat jembatan, bergotong royong di kampung? Asiik ya, saat membangun jembatan bersama-sama teman dan seluruh warga kampung/desa bekerja sama.


    Jembatan sudah ada sejak jaman dahulu berabad-abad lamanya. Memakai kayu, bambu , pohon yang tumbang semua bisa jadi jembatan yang bisa melintasi atau menyebrangi sungai. Dengan berkembangnya transportasi dan berkembangnya alat-alat yang modern dan kecanggihan yang luar biasa sehingga lautan pun bisa kita sebrangi lewat jembatan menggunakan kendaraan darat.

    Apa Itu Jembatan ? Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.(wikipedia)
    pixabay.com
    Kalau kita lihat jembatan sepertinya banyak jenisnya ya, dari yang lurus, melengkung, terbuat dari kayu, dari bambu, besi baja dsb. 
    Apa saja ya jenis-jenis jembatan itu? Nah inilah 7 jenis jembatan menurut strukturnya :

    Jembatan Batang Kayu
    jembatan yang paling sederhana, dari bongkahan kayu yang diletakkan begitu saja untuk melewati sungai kecil. Jembatan seperti ini hanya digunakan secara sementara.

    Jembatan Alang
    Jembatan turunan dari jembatan batang kayu. Sering kita lihat di kampung/desa, saat kita menyebrang sungai kecil / selokan. Jembatan ini selalu digunakan untuk jembatan pejalan kaki dan juga jembatan-jembatan yang merintangi hutan.

    Jembatan Lengkung
    Jembatan yang terbuat dari besi dan beton. Jembatan yang dibangun untuk menghubungkan jalur transportasi umum berupa jalan raya. Kenapa disebut jembatan melengkung? karena jembatan ini mempunyai pembatas yang berbentuk melengkung yang fungsinya untuk memusatkan beban jembatan.
    jenis jembatan
    jembatan lengkung-pixabay.com
    Jembatan Modern
    Jembatan yang sangat menarik, penuh inovasi, kreatif dan unik desainnya dan menggunakan teknologi yang modern saat pembangunannya. Dan banyak yang mulai memadukan beberapa jenis jembatan dasar.

    Jembatan Gantung
    Jembatan gantung modern yang mampu membawa kendaraan menggunakan dua menara menggantikan pokok. Kabel yang merentangi jembatan ini perlu ditambat dengan kuat di kedua belah ujung jembatan, karena sebagian besar beban di atas jembatan akan dipikul oleh tegangan di dalam kabel utama ini. Sebagai jalannya dihubungkan ke kabel utama dengan menggunakan jaringan kabel-kabel lain yang digantung menegak. Jembatan seperti ini hanya cocok digunakan untuk jarak yang jauh, atau tidak memungkinkan didirikan tiang penahan karena arus deras dan berbahaya. Jembatan seperti ini juga selalu menjadi suatu pemandangan yang bagus. jembatan ini tidak sesuai untuk digunakan oleh kereta api karena akan melentur disebabkan oleh beban kereta.


    Jembatan gantung di atas sungai Bila, Pituriase, Sidenreng Rappang-wikipedia


    Jembatan kabel-penahan

    Jembatan yang dibangun dengan memakai kabel-kabel yang terhubung dengan tiang-tiang(menara-menara) jembatan. Kabel-kabel tersebut menahan dek jalanan dan beban jembatannya disalurkan oleh kabe-kabel tersebut melalui menara ke tanah.


    Jembatan Rel Kereta Api
    Jembatan yang digunakan kereta api untuk menyeberang.
    Jembatan rel kereta api-pixabay.com


    2 komentar:

    Kesehatan

    Travelling