My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Selasa, 25 April 2017

    Ibunda Para Ulama

    Judul Buku : Ibunda Para Ulama
    Penulis : Sufyan bin Fuad Baswedan
    ISBN : 979-15593-4-1
    Penerbit : Wafa Press
    Cetakan pertama,Oktober 2006 - 148 hal

    Baiklah, kalian akan kubekali dengan tiga nasehat kemudian beranjaklah dari sini dan biarkan aku menghadapi apa yang akan kuhadapi. (1)Setiap perkara yang dilarang bagi kalian, jadilah kalian orang yang paling menjauhinya. (2) Setiap perkara yang ma'ruf yang diperintahkan bagi kalian, jadilah kalian orang yang paling mengamalkannya. Dan (3) Ketahuilah bahwa langkah kalian ada dua; langkah yang menguntungkan dan langkah merugikan. Maka perhatikan, kemana saja kau melangkah dari pagi hingga sore. (Hilyatul Auliya',1/275)

    Itulah nasehat terakhir sang Imam Hasan Al Bashri sebelum beliau wafat. Siapakah Hasan Al Bashri? Beliau adalah seorang ulama dan cendikiawan muslim yang hidup pada masa awal kekhalifahan Umayyah. Dibalik Imam besar ini pasti ada sosok wanita yang besar pula. Beliau adalah Ummul Mukminin Ummu Salamah, padahal yang kita tahu bahwa istri Rasulullah tidak ada yang melahirkan anak kecuali Khadijah ra. Nah apa hubungannya dengan Hasan Al Bashri?. Hasan Al Bashri mendapatkan nutrisi nubuwah dari Ummul Mukminin Ummu Salamah. Tentu saja semua pertanyaan di atas ada di buku ini.

    Buku yang kita lihat dari cover, sudah mencerminkan buku yang dibutuhkan para Ibu untuk sebagai inspirator dalam mendidik anak-anaknya. Walaupun ilustrasi gambarnya jika bisa lebih menonjolkan yang mewakili "ulama" misal kitab.

    Isi buku yang sangat luar biasa dan inspiratip dan menurut saya buku yang harus dimiliki para ibu muslimah yang bisa sebagai contoh dalam mendidik putra putrinya. Buku berisi tentang para Ibu di balik para ulama besar.

    Banyak buku yang berkisah tentang Keahlian Hasan Al Bashri
    Tenang kejeniusan Imam Syafii
    Tentang kecedasan Iyas Adz Dzahabi 
    Tapi.. Siapakah di balik para ulama tersebut?
    Di belakang tokoh mulia, pasti ada wanita yang mulia
    Tebal buku yang hanya 148 halaman, dimana kita bisa menimba ilmu dari para Ibu yang mulia yang berada di balik sosok ulama-ulama besar yang akan harum hingga akhir zaman.

    Bagaimana para Ibu mulia tersebut mengantarkan putra-putra mereka istimewa nan cerdas?

    Nah buku ini jawabannya.....grab read, biosread!

    4 komentar:

    1. wah buku yang menarik
      sebagai ibu muda yang harus terus belajar, saya perlu buku ini
      terimakasih ulasannya :)

      BalasHapus
    2. Waaah mau Mbak. Saya mau beli lah. Di Omah buku Mbak Eni kan?

      BalasHapus

    Kesehatan

    Travelling