My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Sabtu, 18 Februari 2017

    Bagaimana Semut Bisa Bertelur dan Menemukan Makanan ?, Ini dia Caranya!

    Diriwiyatkan dari Abu Hurairah ra: bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Seekor semut menggigit nabi diantara para nabi-nabi kemudian nabi tersebut memerintahkan supaya membakar sarang semut itu. Kemudia terbakarlah. Lalu Allah mewahyukan kepadanya, 'Apakah hanya karena seekor semut yang menggigitmu lalu engkau memusnahkan suatu umat yang senantiasa membaca tasbih?'" (HR. Al Bukhari, 3219, Muslim, 2241)

    Pelajaran apa yang bisa kita petik dari hadist di atas? diskusi yuk..!

    Kali ini mybiosfer.info akan sdikit mengulas tentang Semut. yuk kita belajar bersama tentang semut...eh tapi sudah pernah lihat semut kan ya? pasti dong, kita semua sudah sering melihat semut di rumah kita, apalagi ada makanan manis yang tercecer,pasti akan banyak semut yang saling berebut ..hihihi..lucu ya.

    Tahu tidak? Semut jantan dan semut betina mereka mempunyai sayap, sudah pernah lihat belum semut yang sedang terbang? Kenapa ya mereka terbang? Karena semut itu melakukan pernikahan dengan cara terbang di udara. Kapan - kapan bisa berburu semut yang sedang terbang ya. 

    Setelah melakukan pernikahan maka semut jantan akan mati, tugas dari semut jantan sudah selesai, goodbye...hikz kasihan ya, tapi masya Allah, beginilah Allah Yang Maha Mengatur segalanya.

    mybiosfer.info
    pixabay.com

    Bagaimana dengan semut betina? maka semut betina atau yang disebut ratu semut akan segera membuat ruang untuk bertelur. Ratu semut bertelur setiap hari. Seekor ratu semut bisa menelurkan ribuan telur setiap hari selama 10-20 tahun...masya Allah hebat ya? Itulah keajaiban ciptaan Allah.

    pixabay.com

    Jika telur - telur sudah menetas yang disebut dengan larva,  Ratu semut juga selalu sayang pada anak-anaknya seperti bunda kita, bagaimana ya cara ratu semut menyayangi anaknya? ratu semut selalu menjilati larva-larva yang sudah menetas. Nah ,larva-larva tersebut akan tumbuh menjadi semut pekerja. 

    Tugasnya apa ya semut pekerja ini? tugas semut pekerja yaitu :

    Mengumpulkan makanan karena semut pemakan segala, dari madu, tanaman, permen, sampai hewan yang sudah matipun semut mau.. :), menjaga telur-telur dan larva-larva, melawan musuh - musuh mereka, mereka membagi cairan manis dengan teman-temannya ketika sudah kenyang.


    Semut Pekerja menemukan makanan-pixabaycom

    Masya Allah, mereka makhluk Allah yang paling rajin dan baik hati.
    Semut hidup secara berkelompok, bisa kita lihat saat  salah satu semut menemukan makanan kemudian teman - teman yang lainnya akan berdatangan saling membantu bergotong royong untuk membawa makanan tersebut.

    Bagaimana cara semut beromunikasi atau memanggil teman-temannya ketika ada yang menemukan makanan? Semut yang menemukan makanan akan berjalan ke sarangnya dengan cara meninggalkan jejak senyawa (bau) di tanah yang dikeluarkan melalui sengatnya dari pantatnya, sehingga semut-semut yang lainnya pun akan segera mendatangi sumber makanan melalui jejak tersebut. 

    Dan jika makanan yang mereka temukan besar sehingga tidak bisa di bawa langsung, yang harus di angkat bersama-sama, semut pekerja akan mengeluarkan bau yang akan segera ditemukan oleh kawan-kawannya, maka inilah yang disebut komunikasi jejak bau.

    Coba di rumah di amati bagaimana semut menemukan makanannya dan kemudian kembali ke sarangnya. Apakah saat menuju makanannya mereka berjalan berkelok - kelok atau lurus ? dan begitu juga saat mereka kembali ke sarangnya, apakah dengan jalur berkelok-kelok atau jalur lurus?

    Masya Allah ya semut itu, Allah ciptakan semut begitu detilnya tanpa ada yang mengajari para semut.  



    Skh Feb2017




    1 komentar:

    1. Wah bunda saya baru tahu lho ada hadist yg larangan ttg membunuh semut itu. Aduh saya pernah ngebunuh banyak semut krna dia menggigit anak saya dan banyak huhuhuhu. Nyesell. Mksh bngt ilmunya. 👍

      BalasHapus

    Kesehatan

    Travelling