My Biosfer

-Perjalanan menuntut ilmu-

  • Breaking News

    Minggu, 19 Februari 2017

    Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Minuman Kemasukan Lalat, Lakukan Hal Ini!

    Mybiosfer.info-Lalat binatang kecil yang mempunyai keajaiban. Kenapa ya lalat bisa ajaib? Padahal kita tahu lalat selalu hinggap di tempat yang jorok dan menjijikkan. Sukanya di tempat yang busuk, seperti tempat sampah yang banyak bakteri dan kumannya.

    Sudah pernah lihat lalat bukan? Lalat adalah makhluk Allah termasuk golongan serangga dari ordo Diptera (berasal dari bahasa Yunani di berarti dua dan ptera berarti sayap). Perbedaan yang paling jelas antara lalat dan ordo serangga lainnya adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks  (wikipedia).


    foto pixabay.com

    Bagaimana jika lalat masuk ke minuman kita? Apa yang harus di lakukan? Membuang minuman itu? atau langsung di minum aja, mubadzir jika dibuang? "Hiii, buang aja ah, takut kalau sakit!"...Nah yuk kita simak hadist dari Rasulullah SAW.

    Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila lalat jatuh di bejana salah satu diantara kalian maka celupkanlah karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat obat penawarnya".
     

    Diriwayatkan Imam Bukhari dalam Shahihnya (3320, 5782), Abu Dawud (3844), Ahmad dalam Musnadnya (2/229, 230, 246, 263, 340, 355, 388, 398, 443),  Ibnu Majah (3505), Ad-Darimi (2045), Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya (105).

    Berarti ketika lalat masuk ke dalam minuman atau makanan kita yang berkuah,maka kita celupkan lalatnya, yang kemudian lalat kita buang, dan kita bisa memanfaatkan minuman tersebut. Sayap lalat yang satu membawa racun dan sayap yang lainnya membawa obat penawarnya. 

    Oiya, Lalat itu suci  dan tidak najis, baik masih hidup maupun sesudah mati. Jika seandainya najis, tentu Nabi akan memerintahkan supaya airnya dibuang.

    foto pixabay.com

     

    Dengan adanya hadist ini, kemudian ilmu medis masa kini telah menyingkap bahwa pada lalat memang terdapat penyakit pada salah satu sayapnya dan obat pada sayap lainnya.Dilakukanlah penelitian tentang lalat ini. 

    Seorang dokter di Yayasan Al-Hidayah Al-Islamiyyah Mesir mengenai hadits ini: “Lalat itu terbentuk dari bahan-bahan kotor yang penuh dengan kuman dan dapat menimbulkan beberapa penyakit yang beraneka macam. Lalat dapat menyebarkannya melalui kuku-kukunya dan memakan sebagian lainnya. Dengan demikian, maka pada jasadnya terdapat sesuatu beracun yang dalam ilmu kedokteran disebut “bakteri”. Bakteri ini akan membunuh kuman-kuman penyakit tadi sehingga kuman tidak dapat bertahan hidup atau berpengaruh pada diri seorang manusia bilamana bakteri tadi ada."

    Pada sayap lalat terdapat keistimewaan, dia dapat memindah bakteri ke ujung sayap. Oleh karena itu, apabila sayap jatuh pada minuman atau makanan dan melepaskan kuman-kuman yang menempel di kukunya pada minuman tersebut, maka penangkal pertama yang paling potensial adalah bakteri yang berada dibawa oleh lalat di tenggorokan dengan salah satu sayapnya. Apabila ada obat penawar, maka obatnya sangat dekat dengannya. Dan mencelupnya lalu membuangnya adalah cara jitu untuk membunuh kuman-kuman yang menempel serta membendung dari pengaruh kuman pada diri manusia”. Keterangan serupa juga pernah disampaikan oleh dokter Al-Ustadz Sa’id As-Shuyuti, dokter Mahmud Kamal dan Muhammad Abdul Mun’im Husain sebagaimana dalam Majalah Al-Azhar.

    Masya Allah ya, dijaman Rasullah SAW, dengan ijin Allah Rasulullah SAW tahu hal ini ya. Inilah keajaiban hadist lalat ini. Jadi sekarang kita jadi tahu, apa yang harus dilakukan jika lalat masuk ke minuman kita. Jadi tak perlu membuang dan takut sakit lagi ya.




     

    1 komentar:

    1. Duhhh lalat emang binatang menjijikan yah Kak..
      Makaish tipsnya

      BalasHapus

    Kesehatan

    Travelling